4/12/09

Belajar Microsoft Visual Foxpro

·

Bab 1
Mengenal Microsoft Visual Foxpro 6.0

I. Uraian

1. Apakah itu Database ?
2. Apakah itu Visual Foxpro
3. Peralatan yang dibutuhkan
4. Komponen Pendukung Visual Foxpro
5. Cara menjalankan Visual Foxpro
6. Cara mengakhiri Visual Foxpro

II. Teori

2.1 Apa itu Database ?

Database secara istilah teknis adalah sekumpulan informasi yang ditata sedemikian rupa sehingga dapat diakses kembali dengan mudah dan dapat diolah menjadi berbagai informasi.
Penggunaan database dapat digunakan untuk mengelola data kepegawaian, akuntansi, perkuliahan dan sebagainya. Dalam kenyataannya , sebuah database bisa terdiri atas beberapa tabel.

Misalnya database tentang proses Perkuliahan dapat terdiri dari 3 tabel . Tabel pertama tentang data Mahasiswa, tabel kedua tentang daftar Matakuliah dan tabel ketiga tentang Nilai mahasiswa sesuai matakuliah yang diprogramkan.

Tabel Mahasiswa, misalnya, dapat dibayangkan sebagai suatu tabel dua dimensi yang terdiri atas kolom-kolom dan baris-baris . Contoh berikut memperlihatkan tentang data dalam tabel data Mahasiswa:

Tabel 1-1 .Tabel Mahasiswa

Setiap baris dalam tabel tersebut bisa disebut record. Setiap record mewakili data seorang mahasiswa yang terdiri dari elemen STB, NAMA dan JURUSAN.
Elemen-elemen STB, NAMA, JURUSAN secara sendiri-sendiri disebut field atau atribut.Pada contoh tabel mahasiswa di atas terdiri atas tiga field. Field ini tidak lain adalah kumpulan data yang sejenis. Jenis data yang termuat dalam field kelak akan menentukan tipe data dari field. Pada contoh tabel mahasiswa di atas terdiri atas tiga field dan empat record data.

Sedangkan dalam pengertian Visual Foxpro, database ada kumpulan beberapa tabel, view atau connection. File database dalam VFP diberi ekstensi *.DBC
 Tabel adalah file berekstensi *.DBF yang digunakan untuk menyimpan data. Tabel ini kelak dapat berupa bagian dari database atau berdiri sendiri sebagai tabel lepas.
 View merupakan tabel yang dibentuk dengan mengambil sebagian/seluruh field dari satu/beberapa tabel /view yang lain. Biasa digunakan untuk menampung beberapa informasi dari beberapa tabel dalam satu tabel/view saja. File view diberi ekstensi *.VUE
 Connection adalah penghubung antara tabel pada Visual Foxpro dengan data dari sumber lain yang formatnya berbeda, misal Oracle, Access, Excel, Foxpro, Dbase, dan lain-lain.

2.2 Apa itu Visual Foxpro ?

Visual Foxpro adalah salah satu sistem manajemen database serta sekaligus program pembangun aplikasi database yang handal. Visual foxpro membantu kita dalam mengolah dan mengelola suatu database yang baik dan sederhana hingga kompleks dan berskala besar. Mulai dari membuat, mengolah , mengorganisir, sampai mengakses data, visual foxpro mampu melakukannya dengan cepat dan mudah.

Disamping itu Visual Foxpro adalah pengembangan dari versi Foxpro yang ada sebelumnya, sehingga perintah-perintah yang ada pada Visual Foxpro masih relatif sama dengan perintah dalam Foxpro. Dengan menggunakan perangkat lunak ini, pembuatan program aplikasi dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Pembuatan antarmuka (interface) kepada pemakai yang bersifat menarik dan mudah dipakai dapat dibuat secara visual, dan tanpa harus menuliskan banyak kode. Laporan, menu, dan hal-hal lain yang erat kaitannya dengan suatu aplikasi juga dapat dibuat dengan mudah, sehingga akan terasa sekali bahwa VFP dapat meningkatkan produktivitas pemrogram.

Secara garis besar, Visual Foxpro yang memungkinkan kita:
 Merancang sendiri format penyimpanan informasi
 Menyimpan data dalam jumlah besar
 Menata data dalam bentuk tabel
 Mendapatkan informasi berdasarkan kriteria yang kita tentukan (Query)
 Merancang sendiri form untuk memasukkan data ke dalam tabel
 Mengolah data menjadi informasi dan menyajikannya dalam bentuk laporan
 Merangkai berbagai unsur penggunaan di dalamnya menjadi suatu aplikasi

Kemampuan dari spesifikasi Visual Foxpro 6
Spesifikasi Maksimum

Jumlah record per tabel 1 milyar
Ukuran file tabel 2 giga byte
Jumlah karakter per record 65500
Jumlah field per record 255
Jumlah tabel aktif dalam saat
yang sama 2551
Jumlah karakter per field 254
Ukuran field numerik 20 digit
Presisi perhitungan numerik 16 digit

2.3 Peralatan Yang Dibutuhkan

Untuk menjalankan Visual Foxpro 6.0 minimal :
 Komputer PC Pentium 233 MMX
 Monitor SVGA/Card VGA 1 MB
 Minimal 32 MB RAM
 Hard Disk Minimal 4.3 GB
 Sistem Operasi Windows 95/98
 Bahasa Pemrograman Microsoft Visual Foxpro 6.0

2.4 Komponen Pendukung Visual Foxpro

Microsoft VFP sebenarnya bukan merupakan satu perangkat lunak tunggal, melainkan terdiri dari sejumlah aplikasi pengembang yang bergabung menjadi satu. Secara ringkas aplikasi yang disediakan Visual Foxpro adalah sebagai berikut:

 Database Designer
 Table Designer
 Query Designer
 View Designer
 Form Designer
 Menu Designer
 Class Designer
 Program Editor
 Report Designer
 Project Manager
 Debugger

2.4.1 Database Designer

Database Designer merupakan aplikasi Visual Foxpro yang berfungsi sebagai sarana bantu mendesain database, terutama untuk:
 Memanipulasi tabel
 Menentukan hubungan antar tabel (relasi/koneksi)
 Menyunting prosedur-prosedur yang mengatur tabel
 Mengatur tampilan lokal dan terpisah dari database
 Menampilkan tabel, view dan hubungan yang terdapat dalam database.

Gambar 1-1. Tampilan Jendela Database Designer

Pada gambar, file database Datamhs1.DBC berisi tiga tabel yaitu Pribadi.DBF, Nilai.DBF dan Mtkuliah.DBF

2.4.2 Table Designer

Table Designer merupakan sarana untuk merancang tabel seperti merancang struktur nama fiels, menspesifikasikan index dan lain-lain. Pada gambar terlihat Table Designer sedang mendesign tabel Pribadi.DBF

Gambar 1-2. Tampilan Jendela Table Designer



0 comments: